Kuliner Khas Bali

Destinasi Pulau Bali paling populer di Indonesia. Pesona sejuta lautnya yang indah membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Gak cuma kaya tempat wisata, Pulau Dewata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat. Diantaranya adalah:

1. Sate Lilit



Berbeda dengan sate pada umumnya. Biasanya potongan dagingnya ditusuk, tapi sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri.

2. Babi Guling



Walau makanan ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan inilah yang banyak dicari wisatawan lokal atau luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner.

3. Sate Plecing



Bumbu plecing terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasanya pedas gurih dan sedikit asin. Satenya bukan hanya dari daging ayam saja, tetapi ada yang daging ikan dan babi.

4. Nasi Tepeng



Makanan khas dari Gianyar disajikan dengan cukup lembek seperti bubur. Nasi lembek dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada juga telur dan suwiran daging ayam. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali, menambah kelezatan nasi tepeng satu ini.

5. Lawar


Campuran sayur dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Dengan sate lilit bakal makin nikmat.

6. Tum Ayam



Tum ini adalah sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Kalau bosan dengan daging ayam, makan juga dengan daging bebek dan lainnya, kok.

Sumber: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/amp/birgitta-angie/10-makanan-khas-bali-super-enak

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Oleh-oleh Khas Bali

Kesenian Rakyat Bali