Permainan Tradisional Khas Bali

Pulau Bali yang mempunyai permainan tradisional yang tidak kalah menarik dengan permainan modern seperti sekarang yang berdampak banyak dampak negatif terhadap pola pikir dan kelakuan anak lhoo !!. Berikut ini adalah permainan-permainan tradisional yang ada di Bali.

1. Meong-Meongan.

Permainan meong-meong ini merupakan salah satu permainan yang sangat populer di Bali, bukan hanya pupuler di Bali permainan tradisional meong-meongan juga berasal dari Bali. Prosesi cara untuk bermain meong-meong adalah kamu harus membutuhkan minimal 8 orang untuk bermain, jika terdapat peserta lebih dari 8 orang maka permainan akan semakin menarik. Dari delapan tersebut akan ada 1 orang yang berperan sebagai bikul atau tikus.Selain bikul diperlukan satu pemain lagi yang berperan sebagai meng (kucing). Pemain lainnya membuat lingkaran yang di tengahnya terdapat seorang bikul. Posisi mengada diluar lingkaran, permainan dimulai sembari bernyanyi, pemain lainnya harus melindungi bikul dari tangkapan meng.

2. Megoak-goakan

Selain permainan Meong-Meongan di Bali juga terdapat permainan Megoak-goakan, di mana permainan ini dilakukan dengan cara ada beberapa orang yang membentuk barisan, sambil memegang satu dengan yang lainnya. Para pemain menggunakan ikat pinggang yang kuat dan nyaman.

Untuk bermain permainan ini, kelompok yang diatur, masing-masing kelompok terdiri dari 5 sampai 10 anggota dengan cara berbaris ke belakang seperti ular, lalu pemain yang berada paling depan akan bertindak sebagai kepala.

Kepala tersebut harus pengadilan anggotanya dan anggota yang ada pada kelompok lawan, pemenang akan ditentukan dengan kepala yang mendapatkan anggota paling banyak.

3. Metajog

Permainan ini dilakukan dengn penuh keseimbangan permain tajog membutuhkan keseimbangan karena pemain tajog akan berdiri dan berjalan di atas bambu yang sudah diolah rupa rupa

Metajog biasanya dijadikan salah satu perlombaan pada saat hari kemerdekaan, permainan ini dilakukan dengan cara berjalan di atas bambu. Memang tidak mudah untuk melakukan permainan ini dan butuh latihan yang keras dan kemauan yang kuat untuk bisa menaiki dan berjalan dengan tajog. Sampai saat ini permainan metajog masih dapat ditemui di Bali meskipun sudah sulit.

4. Engkeb - engkeban.

Jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Engkeb-engkeban adalah permainan petak umpet, permainan engkeb-engkeban memang berasal dari Bali dan permainan ini di Bali masih sering dimainkan oleh anak-anak Bali dan menjadi salah satu permainan yang masih sering dimainkan oleh anak-anak hingga saat ini.

Permainan engkeb-engkeban dapat dimainkan oleh berapa orang pun, semakin banyak orang yang mengikuti permainan ini maka akan semakin seru dan menarik pula permainan ini. Dalam permainan ini ada satu orang yang sumber informasi dan pengawasan tembok atau apapun itu, tempat ia berhitung. Engkeb-enkeban dimainkan saat cuaca masih cerah baik itu siang maupun sore.

Sebenarnya permainan tradisional Bali bukan hanya seperti yang saya katakan diatas, namun masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Sumber: https://klasikbali.com/permainan-tradisional-khas-pulau-bali-yang-sangat-menyenangkan-ini-kini-semakin-punah/

Comments

  1. Permainan Waktu kecil banget ni wkwk

    ReplyDelete
  2. Ngeliat ini jadi flashback ke jaman sd😅

    ReplyDelete
  3. Ternyata di Bali ada permainannya sendiri yah😂

    ReplyDelete
  4. Wahh ternyata di Bali ada permainan seperti ini juga ya...

    ReplyDelete
  5. Wah permainannya unik"ya jdi kgn masa kecil hehe

    ReplyDelete
  6. Ini nih permainan waktu kecil dulu,,asik banget🥰

    ReplyDelete
  7. Hemm jadi inget masa kecill.. .

    ReplyDelete
  8. Thanks infonya sangat membantu 👍

    ReplyDelete
  9. Bener-bener seru tuh semuanya, harus dilestarikan

    ReplyDelete
  10. Kebersamaan dan keseruannya itu loh.. ML PUBG mah lewat

    ReplyDelete
  11. lajutkan semgatnya untuk menikatkan tradisi
    nilai

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Oleh-oleh Khas Bali

Kesenian Rakyat Bali

Kuliner Khas Bali